Mengapa Perencanaan Strategis Teknologi Informasi sangat diperlukan?

strategic-plan

strategic-plan

Saat ini banyak perusahaan meningkatkan investasi  di bidang teknologi informasi.  Investasi TI idealnya harus membawa peningkatan dan pertumbuhan bisnis perusahaan. Untuk menilai dampak investasi TI terhadap organisasi dapat diajukan beberapa pertanyaan berikut :

  1. Apakah organisasi mendapatkan nilai manfaat dari investasi TI?
  2. Apakah aplikasi TI yang ada mampu memenuhi kebutuhan bisnis?
  3. Apakah organisasi bekerja berdasarkan proyek TI yang benar sehingga mampu memberikan nilai manfaat utama bagi perkembangan bisnis?
  4. Apakah aplikasi yang dimiliki saat ini mampu memenuhi kebutuhan bisnis di masa depan?
  5. Seperti apa misi, tujuan, strategi dan artistektur komputer yang dibutuhkan untuk memenuhi tantangan bisnis di masa depan?

Saat ini banyak sekali contoh organisasi dan perusahaan yang mampu meningkatkan daya saing melalui investasi TI yang efektif. Sebaliknya investasi TI yang dilakukan tanpa perencanaan yang baik hanya menjadikan investasi yang telah dikeluarkan menjadi tidak jelas nilai manfaatnya. Proyek-proyek TI hanya dimunculkan berdasarkan kebutuhan spontan, bukan melalui perencanaan yang baik. Hasilnya adalah aplikasi TI yang saling tumpang tindih dan justru memunculkan pulau-pulau informasi yang terpisah-pisah. Jelas jauh dari memberikan nilai manfaat untuk perkembangan bisnis organisasi.

Sudah selayaknya level manajemen memahami fungsi dari TI, jangan hanya mengikuti trend sehingga keputusan investasi TI cenderung emosionil tanpa benar-benar memahami nilai manfaatnya. Beberapa pertanyaan berikut dapat membantu untuk memahami fungsi TI :

  1. Lingkungan TI seperti apa yang sudah kita miliki? Apakah komputer dan perangkat lunak yang dimiliki digunakan untuk mengelola bisnis? Bagaimana kondisi lingkungan TI? Apa yang menjadi kekuatan, kelemahan dan kerentanan dari lingkungna TI? Apakah TI dan proses-proses yang terkait sudah mampu menghasilkan produk dan layanan yang baik dengan biaya yang efisien dan cara yang efektif bagi kustomer?
  2. Bagaimana kita membuat keputusan yang terbaik dalam investasi TI? Apa yang seharusnya menjadi prioritas investasi TI?
  3. Bagaimana sumberdaya TI saat ini bekerja? Bagaimana staf TI menghabiskan waktunya? Apakah skala organisasi TI sebanding dengan ukuran organisasi?
  4. Berapa banyak biaya yang dikeluarkan organisasi dalam investasi TI? Berapa banyak pengeluaran yang sudah dikeluarkan dalam beberapa tahun terakhir? Jika kita bisa melakukan proses bisnis dengan baik tanpa mengeluarkan lebih banyak biaya, lalu kenapa sekarang kita harus melakukan investasi TI? Bagaimana caranya agar kita dapat mengurangi pengeluaran dalam investasi TI?
  5. Apa yang menjadi tren teknologi? Bagaimana tren tersebut berdampak terhadap perkembangan bisnis?
  6. Bagaimana status perkembangan TI para kompetitor? Apakah posisi kita didepan atau ketinggalan dibelakang para kompititor?
  7. Apakah kita sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menghasilkan lingkungan TI seperti yang dibutuhkan? Bagaimana kita memanfaatkan sumberdaya internal dan eksternal? Kenapa sulit dan lama sekali untuk mencapai kondisi yang dapat berjalan dengan lancar?

Sebuah rencana strategis TI (IT Strategic Plan) yang efektif akan mampu menjawab semua pertanyaan diatas, sekaligus menyediakan alat komunikasi antara manajemen bisnis dan fungsi TI. Berdasarkan  kerangka kerja Anita Casidy dalam buku “A Practical Guide to Information System Strategic Planning”,  terdapat empat tahapan dalam perencaaan strategis TI yaitu Visioning, Analyis, Direction, dan Recommendation. Secara lebih detil akan kita diskusikan pada bagian lain blog ini.

 

This entry was posted in Teknologi Informasi and tagged . Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Mengapa Perencanaan Strategis Teknologi Informasi sangat diperlukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*